Cara Menambah RAM Laptop


Cara Menambah RAM Laptop. pada kesempatan kali ini akan dibahas hal yang berkaitan dengan jawaban bagaimana cara ram laptop penuh atau dengan kata lain bagaimana agar komputer atau notebook tidak lemot. karena salah satu indikator penyebab laptop lambat adalah memory penuh yang disebabkan banyaknya program atau aplikasi yang dibuka pada saat yang bersamaan (multitasking). bagaimana agar notebook berjalan cepat ? yaitu dengan cara upgrade RAM Laptop yang dapat dilakukan dengan tambah memory baru, membuat virtual memory dan menjadikan flashdisk sebagai tambahan memori. namun sebelum itu akan dijelaskan sejenak tentang artikel sebelumnya yaitu bagaimana cara mengganti layar lcd notebook yang rusak karena pecah atau faktor lainnya. tidak perlu dibawa ke tempat service komputer jika laptop anda rusak, anda dapat menggantinya sendiri dengan membeli layar Liquid Cristal Display baru atau yang biasa disingkat dengan LCD. info lebih lengkap klik Cara Ganti LCD Laptop.

sekedar catatan bahwa hardware notebook yang paling mudah untuk dilakukan upgrade adalah bagian memory. anda dapat ganti atau tambah ram sesuai dengan kebutuhan anda sendiri tanpa perlu dibawa ke tempat service komputer yang tentunya akan menambah biaya beberapa rupiah. yang dibutuhkan adalah pengetahuan Cara Menambah RAM Laptop sendiri yang akan dibahas pada artikel kali ni dan juga mengetahui spesifikasi dari memory anda, yaitu berapa tipe dan nilai PC nya. jika anda tidak ingin repot dengan tipe dan nilai pc, anda juga tetap dapat mencoba cara upgrade ram laptop anda dengan membuat foto memory yang masih tertancap di notebook anda dengan hp android anda. kemudian berikan ke toko komputer, pasti mereka mengetahui dan melayani apa yang anda butuhkan. anda dapat menambah ram laptop windows 8, 7, xp atau linux anda dengan mudah dan cepat. tips mudah pada tema kali ini adalah carilah notebook yang mempunyai 2 slot RAM pada motherboard nya hal ini dapat diketahui dengan mencari spesifikasi hardware di website laptop yang bersangkutan. dengan adanya 2 slot kita dapat tambah memory tanpa perlu ganti baru.

apa bedanya tambah dengan ganti baru? jika anda mencoba Cara Menambah RAM Laptop 2gb menjadi 4gb misalnya maka anda hanya butuh memory 2gb baru lagi sebagai tambahannya sehingga memori di notebook anda menjadi 4gb. tapi jika ganti baru maka ram lama anda sebesar 2gb tidak dipakai dan ganti dengan memory baru sebesar 4gb. keduanya sama kapasitas memori nya menjadi 4 gigabite tapi cara pertama tambah dengan membeli harga ram laptop 2 gb dan cara kedua ganti dengan membeli harga 4 gb ram laptop. namun catatan: penambahan ram laptop dapat dilakukan jika terdapat 2 slot. oleh karenanya ada baiknya sebelum membeli lakukan cara mengecek ram laptop di website notebook tersebut atau di situs lain yang serupa. hampir dapat dikatakan bahwa laptop dapat dilakukan cara upgrade ram laptop seperti acer, hp, lenovo, asus, toshiba, samsung, axioo, compact, advan, zyrex dan lainnya dengan merek memory yang berbeda asalkan spesifikasinya sama yaitu tipe dan nilai PC nya. beberapa jenis ram yang ada diantaranya SODIM, DDR2, DDR3 dan DDR5 dan adapun nilai PC nya adalah 10600 dan 12800.

mohon maaf pada kesempatan kali ini tidak sedang membahas hal yang berkaitan dengan laptop gaming murah 2015, terbaik, terbaru, reviews, brands, comparison, wiki, guide, apple, pengertian, microsoft, walmart. dan juga tidak sedang menjelaskan tentang laptop ram android, 4gb vga 2gb, meringankan, mempercepat, kaskus, termurah, 16 atau 32 gb, finder, compability, wiki, types, amazon, dell, 8gb vga 4gb, mount, ha noi, ban, how much 4gb core i3 i5 murah. namun pada saat ini akan diterangkan mengenai Cara Menambah RAM Laptop acer (how to install laptop ram) yaitu bagaimana cara tambah atau ganti ram laptop sendiri tanpa harus mengeluarkan beberapa rupiah untuk jasa servicenya. karena hal ini cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

Cara Menambah RAM Laptop dapat dilakukan dengan beberapa metode sebagaimana telah disinggung diawal artikel yaitu dengan tambah atau ganti ram laptop baru, menjadikan flashdisk sebagai memori tambahan dan membuat virtual memory. cara menambah ram laptop dengan flashdisk dilakukan dengan menancapkan flashdisk di notebook dan memberi centang use disk device pada tab readyboost pada setting propertiesnya. adapun cara upgrade ram laptop dengan virtual memory dengan klik kanan pada Computer dan pilih properties. pada tab advanced pilih setting dan klik change kemudian tentukan besar memory yang anda butuhkan pada pada costum size dengan satuan MB. dalam hal ini silahkan pilih drive atau partisi hardisk yang mempunyai freespace (ruang kosong) yang besar. sebagai catatan cara menambah ram laptop menggunakan flasdisk atau virtual memory hanya alternatif saja namun lebih baik anda membeli memori baru untuk hasil maksimal.
Cara Upgrade RAM Laptop
hp mini 311

Cara Menambah RAM Laptop

pada kesempatan kali ini akan dijelakan tentang cara upgrade ram laptop lenovo G485 dan HP mini 311 dengan gambar lengkap pada tiap langkahnya juga disertai video youtube. yang perlu diperhatikan sebelum tambah atau ganti memory adalah pastikan jenis dan nilai PC ram sama, lepas battery dan ac adapter dari notebook.
Cara Upgrade RAM Laptop
lepaskan battery
1. lepaskan beberapa baut.
Cara Upgrade RAM Laptop
lepas baut
2. tarik 2 tuas disamping ram laptop ddr3 maka memory akan terangkat dan lepaskan.
Cara Upgrade RAM Laptop
letak ram
Cara Upgrade RAM Laptop
ram terangkat dari tuas
Cara Upgrade RAM Laptop
ram terlepas
3. pasang ram baru sesuai dengan kaki pin pada slot kemudian tekan ke dalam sampai bunyi klik maka sudah terpasang.
Cara Upgrade RAM Laptop
ram 2gb
Cara Upgrade RAM Laptop
ram sudah dipasang lagi
demikian artikel tentang bagaimana Cara Menambah RAM Laptop dan baca juga Cara Membuat Rumus Terbilang Excel. selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates:

294 Responses to "Cara Menambah RAM Laptop"

  1. Laptop ane acer 2GB DDR3L, ram nya bisa ditambah ga'...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena tidak memberikan informasi type laptop
      maka info dari acerid.com semua komputer jinjing
      acer bisa di upgrade ram ke service acer jika masih
      garansi kalau tidak maka hangus.
      terima kasih sudah mampir

      Hapus
  2. Gan laptop ane acer aspire 4540 AMD Turion(tm) II Dual-Core M520 2,3 GHz. Dengan ram 2GB. Bsa gk ram ny d tmbh jd 4Gb ? Mhon infony gan. Trima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal menambah memory 2 GB di laptop sehingga
      total menjadi 4 GB karena tersedia 2 slot RAM

      Hapus
  3. Balasan
    1. cara nambah ram asus x453m dengan ganti memori
      baru karena hanya tersedia 1 slot saja. maksimal
      dapat menambahkan sampai 8 GB.

      Hapus
  4. Gan, kalo laptop ane bisa tambah ram ga? HP Pavilion 15-ac023tx

    BalasHapus
    Balasan
    1. dapat menambah memory dengan 1 keping
      ram baru karena ada 2 slot atau dual
      channel

      Hapus
  5. Can laptop ane zyrex t14c, visa do tambah ngga atau di ganti soalx ramnya hanya 1 GB

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara upgrade ram zyrex T14C dengan menambah memory
      baru karena ada 2 slot dan maksimal 8 GB.

      Hapus
  6. laptop ane axioo neon hnm mb40114 ram nya 2gb bisa di tambah gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara upgrade ram axioo neon hnm dengan mengganti
      memory baru karena ada 1 slot saja.

      Hapus
  7. Gan laptop saya acer emachines d7250 bisa ditambah atau di ganti ram ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara upgrade memory laptop acer emachines D725 dengan menambah ram baru karena dual channel (ada 2 slot)

      Hapus
  8. kalo acer aspire one 756 bisa ditambah atau diganti ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara menambah memory laptop acer aspire one 756 dengan tambah ram baru karena ada 2 slot dan maksimal 8 GB.

      Hapus
  9. gan, axioo neon w246hu kan processornya intel celeron dual core 1.60ghz, kalo di upgrade ram, apakah harus sama processornya juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesuai kebutuhan, bisa upgrade processor sekalian atau tidak.

      Hapus
    2. Kalo tipe ram sama jumlah memory maximalnya brp gan? Soalnya saya gk ngerti

      Hapus
    3. tipe memory untuk axioo neon w246hu / HNM yaitu DDR3 dan maksimal memori 4 GB. agar lebih mudah
      silahkan lihat spek laptop anda dengan CPU-Z.

      Hapus
  10. mau tanya gan, laptop saya acer aspire one 522 amd dual-core c-50 (1.0 ghz ) . memori 1 GB DDR3 Memory,rencana mau saya tambah ram, bisa ditambah ram apa diganti ? trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara menambah memori laptop acer 522 dengan ganti ram karena hanya 1 slot saja dan maksimal memory yang dipakai 4 GB ddr3.

      Hapus
  11. Laptop saya Acer aspire 4730 ram nya 1,50 kalo saya mau nambah jadi 4 gb bisa nngak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa tambah ram sampai 4 GB. cara menambah memory dengan beli ram baru 2 GB DDR2 karena laptop acer 4730z punya 2 slot.

      Hapus
    2. kalo slot nya masing masing 8 gb bisa?

      Hapus
    3. tidak bisa upgrade ram 8GB di laptop ACER 4730z dan setiap slot maximum memory yang bisa dipasang adalah 2GB. jadi maksimal memori 4GB di 2 slot.

      Hapus
  12. gan kalau ram thosibaa bisa pasang untuk lptop acer ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa memasang memori toshiba di laptop acer. pernah juga mengganti memory samsung di laptop lenovo. asalkan jenis ram dan nilai pc nya sama.

      Hapus
  13. bang punya saya asus x450c ram 2 giga bisa gk dijadin 4 giga makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara upgrade ram laptop asus x450c dengan tambah
      ram baru dan maksimal memory 8 GB (termasuk 4 GB non removable). namun hanya ada 1 slot saja karena slot 1 lagi onboard atau menyatu dengan mainboard. jika sudah ada 2 GB onboard maka maksimal memori 6 GB.

      Hapus
  14. pak , untuk laptop lenovo G-50 apakah support untuk ditambahkan RAM 4-8GB? soalnya RAM mainboard udah 4gb ddr3 . thanks pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara menambah memory laptop G50 dengan mengganti ram baru karena hanya ada 1 slot saja. support maksimal 8 GB DDR3L memori.

      Hapus
  15. Gan laptop ane Asus K43B, saya ingin upgrade RAM menjadi 4GB
    Spesifikasi :
    CPU : AMD Dual Core E450 1.65 Ghz
    RAM : 2 GB (Masih terdapat 1 slot RAM lagi, ane sudah cek)
    VGA : Radeon HD 6470M 1GB

    Mohon informasinya gan, apakah dengan spesifikasi di atas ane bisa tambah RAM ?
    Aktifitas laptop digunakan untuk multimedia dan kadang untuk game sih gan :v
    Terima kasih sebelumnya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laptop asus k43b bisa ditambah ram sampai 8 GB dan memiliki 2 slot memory DDR3.

      Hapus
    2. Apakah kompetible dengan prosesor dan yang lainnya gan ? Mohon pencerahannya

      Hapus
    3. support dengan komponen lain, biar 2 GB ga dibuang, ditambah saja 2 GB lagi jadi 4 GB.

      Hapus
    4. Terima kasih gan pencerahannya, update terus gan website nya. Ane nanti mampir lagi :v

      Hapus
  16. gan laptop saya toshiba c40-a
    spesifikasinya
    cpu: intel core i3 2.40 ghz
    ram : 2gb
    vga : intel hd 4000
    bisa di tambah ram gkk
    mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toshiba Satellite C40-A dapat di upgrade dengan ram DDR3 sampai 8 GB dengan 2 slot memori.

      Hapus
  17. gan laptop saya acer aspire 4752, saya cek ram nya 2GB 1Rx8-10600S-9-10-B10, Kalo di tambah harus seperti apa memori yang di tambah ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara upgrade ram laptop acer aspire 4752G dengan tambah memory DDR3 baru karena punya 2 slot dan maksimal support 8 GB.

      Hapus
  18. Gan laptop saya asus X453M bisa buat gaming tidak sama slot ramnya brp mohon infonya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara upgrade memory laptop asus X453MA dengan mengganti ram lain soalnya hanya ada 1 slot saja. support sampai 8 GB DDR3L memori.

      Hapus
  19. gan notebok saya zyrex sky LM1215 bisa ditambah RAM nya atau tidak? berapa slot kah RAM yng tersedia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara upgrade memory netbook zyrex sky lm1215 dengan mengganti ram DDR3 baru karena hanya ada 1 slot saja. support maksimal memori 2 GB saja.

      Hapus
    2. ya terima kasih juga sudah mampir.

      Hapus
  20. gan asus a34e tipe ramnya ddr 3 atau ddr 2 gan...?

    BalasHapus
  21. Gan laptop ana asus x435s ramnya 2gb bisa gak sih tambah 2gb, ngeleg gak?slotnya sih ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, tidak ada referensi sama sekali tentang laptop asus x435s baik di google atau asus.com, mungkin salah tulis ? terima kasih sudah mampir

      Hapus
  22. Gan leptop ane asus aspire v5 123 ram 2gb ane mau tmbh ram 4gb bsa g ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin salah tulis, bukan asus tapi acer. cara upgrade ram laptop acer v5 123 dengan mengganti memory DDR3 baru karena hanya ada 1 slot saja dan maksimal memori sampai 4 GB.

      Hapus
  23. Gan laptop saya acer 4250 tapi udah ganti processor jadi core I5 tapi ramnya cuma 1 giga ,kira bisa ditambah lagi ga ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara upgrade ram laptop acer aspire 4250 dengan tambah memory baru DDR3 yang support sampai 8 GB dengan 2 slot memori.

      Hapus
    2. Gan ane punya Leptop Asus X450EA dengan kapasitas Ram 2GB dan jika mau di tambahkan jadi 2 Gb lagi supaya menjadi 4GB bisa ngk gan....???

      Hapus
    3. maaf belum menemukan info detail mengenai cara upgrade ram laptop asus x450ea. silahkan buka memory cover, jika slot memori kosong maka 2 GB yang ada adalah onboard maka dapat tambah 2 GB lagi. namun jika slot telah terisi maka dapat mengganti dengan 4 GB.

      Hapus
  24. ASL gan,..laptop saya lenovo v480c,sdh tersedia ram bawaan ddr3 2GB pc3-12800 klo tak tambah ram type sama 4GB ap bisa,.makasih,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara menambah memory laptop LENOVO V480C dengan tambah ram baru 2 atau 4 GB DDR3 karena ada 2 slot. support upgrade ram sampai 8 GB.

      Hapus
  25. Mas laptop saya toshiba satelite L745 core i3 ram bawaannya 2GB, kira2 ramnya bisa di tambah lagi gak ya?..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Upgrade ram laptop TOSHIBA L745 dengan tambah memori baru DDR3 1333 MHz dan support sampai 8 GB dengan 2 slot memory.

      Hapus
    2. semisal laptop TOSHIBA L745 saya mau ganti dengan ram 4 gb tapi yg cuma satu slot aja bisa nggak??

      Hapus
    3. laptop bisa ditambahkan ram 4 GB pada satu slot 1 dan jika ditambah lagi, 4gb pada slot 2 sehingga total maksimal 8 gb.

      Hapus
    4. bro, kemaren laptop toshiba tipe satelite l745 saya sudah ditambah 4 GB di slot 2 jadi total 6 GB. kalo saya cek di properties nya kebaca 6 GB sih, tapi kok cuma kepake 2,7. " Installed memory (RAM): 6,00 GB (2,7 usable)". mohon bantuan nya ... soalnya sudah saya coba pasang yg 4GB aja, tapi tetep 2,7 yg bsa d pake sistem, itu memang maksimal upgrade atau bawaan sistem window (secara punya kita window bajakan 32 bit hehehe)???

      Hapus
    5. ya, usable ram berkurang karena windows 7 32 bit max 4gb juga terpakai VGA shared ( no dedicated). terima kasih sudah mampir di artikel cara cek memory laptop

      Hapus
    6. ah, iya. thanks bro. kemarin stelah cari2 lagi... akhirnya dapet solusi= instal ulang ke 64 bit dulu baru bisa... karena full nya arsitektur 32 bit cuma ampe 4GB doang... thanks ya sebelumnya =D

      Hapus
    7. ya terima kasih juga sudah berkunjung di artikel tips tambah ram laptop

      Hapus
  26. Gan....laptop saya sony vaio E series model SVE141B11W ram 2 GB, 2,4 Ghz and core i3. Bisa nambah ram jd 4 GB ga ya? Thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laptop SONY VAIO SVE141B11W bisa ditambah ram sampai 4 GB DDR3.

      Hapus
  27. Gan.. Mohon infonya dunk.. Laptop sya toshiba satelit s40dt-at01m ram 2gb, amd a4-5000, 1,5 ghz.. Apakah bsa ditambah ram nya? Trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laptop TOSHIBA S40DT-AT01M bisa upgrade ram 4 GB DDR3 1600 MHz

      Hapus
  28. Gan, laptop saya dell inspiron 3421 core i3,kira" bisa ditambah gak ram nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laptop DELL INSPIRON 14 3421 bisa tambah ram sampai 8 GB DDR3 dengan 2 slot memory.

      Hapus
  29. Apakah semua merk ram 4 GB DDR3 1600 MHz memiliki bentuk dan ukuran yang sama ya, Gan? Dan merk apa yg bagus? Mohon pencerahannya.. Laptop saya toahiba satelit s40dt-at01m ram 2gb, amd a4-5000, 1,5 ghz..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya semua memory type DDR3 dengan speed 1600 MHz mempunyai bentuk dan ukuran yang sama. biasanya merk ram terkenal itu bagus, maaf belum bisa memberikan rekomendasi merk ram.

      Hapus
  30. Gan laptop ane asus a43sv core i3, ram 2 gb, bisa nambah ram 2gb lagi gak biar 4gb terus jenis ramnya tu beda2 apa harus sama kalo dua slot, atau bebas yang penting 2 slot?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada laptop ASUS A43SV ram 2 gb di tambah 4 gb baru atau ditambah 2 GB bisa dilakukan, tergantung selera. maksimal memory 8 gb DDR3 1333 MHz pada 2 slot. jenis memori antar 2 slot harus sama.

      Hapus
  31. Pada "Laptop TOSHIBA S40DT-AT01M bisa upgrade ram 4 GB DDR3 1600 MHz" itu maksudnya apa maksimal hanya bisa ditambah sampai 4gb atau bisa ditambahkan 4 gb ya mas? Dan ada berapa slot ya Gan? Maaf nubie, Gan.. Mohon pencerahannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisakah menambah ram toshiba laptop S40DT-AT01M ? bisa tambah 2 gb atau 4 gb karena support memory 8 gb. mengenai jumlah slot ada 2 sumber mengatakan 2 slot dan 2 sumber lain bilang 1 slot. sayang nya, S40DT-AT01M tidak ditemukan di website toshiba, yang ada S40Dt-AS100 namun tidak menjelaskan berapa slot nya. jangan khawatir anda bisa cek sendiri dengan buka tutup ram atau mengecek spesifikasi dengan CPU-Z tanpa bongkar laptop.

      Hapus
  32. Gan laptop ane Lenovo G40-45 AMD A6-6310 APU, ram 2gb, kalau ditambah ram 4gb lagi bisa ngga ?
    kalo bisa spek ramnya kayak gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara menambah ram laptop 2gb menjadi 4gb pada Lenovo G40-45 dengan tambah memory DDR3L PC3L-12800 1600Mhz baru. maksimal support 16 GB memori di 2 slot.

      Hapus
    2. Makasih gan atas penjelasannya

      Hapus
    3. sama-sama, silahkan mampir lagi

      Hapus
  33. Gan... Laptop saya Sony Vaio SVF14212SG ram 2GB apakah bisa diupgrade ram nya. Kalau bisa hingga berapa kapasitas yg bisa diupgrade,dan refrensi ram yg cocok untuk dipakai. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara alternatif menambah ram pada laptop Sony Vaio SVF14212SG dengan tambah memory 2 GB atau 4 GB. Maksimal memori 8 GB DDR3L 1600 MHz di 2 slot.

      Hapus
  34. mau bertanya kalau menambah ram 4gb+2gb bisa apa tidak ?apakah ada efek nya kalau memasang ram yang berbeda kapasitas ?makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu tergantung apakah laptop bisa ditambahkan ram lagi atau tidak dan harus support minimal 8 GB ram di 2 slot nya. ada laptop meskipun punya 2 slot tapi maksimal memory 4 GB. bisa pasang memori 4 gb + 2 gb dengan syarat type dan speed nya harus sama. contoh 4 GB DDR3 1333 MHz + 2 gb ddr3 1333 MHz.

      Hapus
    2. Kalau untuk pes 2016 dengan ram segitu apakan lancar ?

      Hapus
    3. maaf jarang main game. Spek Minimum PC untuk PES 2016 atau recommended di cd nya, 6 GB ok tapi kalau dimaksimalkan 8 GB lebih lancar.

      Hapus
  35. gan, klo tukar ram antar laptop bisa kh ? kn saya ada laptop toshiba yg ram 6 gb di tukar ke laptop acer yg ram 4 gb, bisa kh ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisakah menambah ram toshiba laptop atau tukar dengan laptop lain? bisa, dengan syarat tipe dan kecepatan nya sama. contoh: 6 GB DDR3 1333 MHz dengan 4 gb ddr3 1333 MHz.

      Hapus
  36. Gan saya punya laptop toshiba dynabook satellite k 17 186 c/w maksimal ramnya berapa ya dan jenisnya apa trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. berapakah slot ram Laptop Toshiba Dynabook Satellite K17 186C/W ? ada 2 slot dengan maksimal 2 GB memory DDR2 PC2-5300 667 Mhz. jadi Maximum Memory Per Slot 1 GB.

      Hapus
    2. Ada 2 slot saya pasang di ke2 slot masing masing 1gb dan 512 laptop saya tidak bisa nyala tapi kalau saya isi salah satu slot baik 1 gb ataupun 512 laptop bisa menyala itu kira kira ada masalah dimana ya gan

      Hapus
    3. dengan asumsi ke 2 ram mempunyai speed yang sama. jika pasang 1 gb di slot 1 laptop nyala maka di slot 2 apakah laptop nyala juga?

      Hapus
    4. Iya mas nyala juga saya sudah coba di kedua slot baik dengan ram 1gb ataupun 512 laptop saya bisa nyala dengan asumsi saya coba 1 memori dengan kapasitas yang berbeda saya coba di slot 1 atau slot 2 laptop saya bisa nyala tapi jika kedua slot saya pasang memori laptop tidak bisa nyala saya sudah tukar posisi memori dengan asumsi memori slot 1 1gb dan slot 2 512 mb laptop tidak bisa nyala begitu juga sebaliknya slot 1 512 dan slot 2 1gb tapi jika saya gunakan hanya 1 slot laptop dapat menyala kira2 laptop saya kenapa ya mas trimakasih

      Hapus
    5. kalau ditancapkan 2 ram @ 1 GB di kedua slot gmn ?

      Hapus
  37. Lenovo g40-45 type Tanya apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin tanya cara ganti ram laptop Lenovo g40-45, pertanyaan sudah dijawab silahkan baca komentar Muhammad Arif Riskiyanto diatas.

      Hapus
  38. Mas kalau laptop toshiba l735 bisa masuk 2 Ram gak yah apa cuman 1 ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dipasang 2 ram karena punya 2 slot dan cara memasang ram pada laptop toshiba l735 maksimal 8 GB DDR3 1333 MHz sehingga tiap slot maks 4 GB.

      Hapus
  39. bang kalau laptop Asus X450C Processor Intel Core i3-3217U(1.80GHz), Video Type Intel Grapich HD4000, ram 2gb, mau nambah ram bisa kah? ada berapa slot? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara upgrade ram laptop 2gb menjadi 4gb atau lebih di LAPTOP ASUS X450C telah dijawab pada pertanyaan wahyu hendy diatas. silahkan dibaca kembali.

      Hapus
    2. Tipe/detail ram nya seperti apa ya bang? mohon pencerahan saya mau beli tp masih bingung :D thx sebelumnya

      Hapus
    3. ada slot ram tidak ya? ada, untuk memory DDR3 1600 MHz.

      Hapus
    4. ada 1 slot, tambah 4gb bisa kan? jadi 6gb total

      Hapus
    5. berapa nambah ram laptop ASUS X450C ? bisa menambah ram laptop 2gb menjadi 4gb atau tambah memory 4GB jadi 6GB seperti yang anda inginkan.

      Hapus
  40. gan laptop saya acer one 14 dengan ram 2GB DDR3 L Memory, bisa tambah ram gak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah laptop acer bisa di upgrade ? bisa, seperti upgraram ram laptop ACER ONE 14 Z1401 dapat ditambah memory DDR3L sampai 8 GB.

      Hapus
  41. Gan laptop ane Dell inspiron n4030 series, RAM 2gb , processor core i5, vga amd radeon hd 5000

    Apa bisa di upgrade lg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara tambah ram laptop DELL INSPIRON N4030 dengan menambah memory DDR3 1333 MHz baru sampai 8 GB di 2 slot.

      Hapus
  42. Gan laptop ane ASUS U46SV
    Di website asus dijelaskan bisa upgrade sampai 8GB, soalnya ada 2 slot...

    Tipe ramnya 4GB DDR3 1333mhz
    Mau nambah 1 slot lagi 4GB dg tipe sama
    Apakah semua merek bisa kompatibel dengan laptop saya, ato merek tertentu saja...??

    Mohon infonya trmksh sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, pengalaman kemarin upgrade ram beda merk lancar. yang penting type dan speed nya sama. yaitu DDR3 1333 MHz. terima kasih sudah mampir di artikel seputar cara buka ram di laptop.

      Hapus
  43. maaf mas mau tanya, kalo spesifikasi leptop saya maksimal atau yang dianjurkan memory nya berapa GB ya mas ? ini spesifikasi leptop saya

    Time of this report: 3/27/2016, 17:22:00
    Machine name: USER-PC
    Operating System: Windows 7 Ultimate 32-bit (6.1, Build 7600) (7600.win7_rtm.090713-1255)
    Language: Indonesian (Regional Setting: Indonesian)
    System Manufacturer: TOSHIBA
    System Model: Satellite A200
    BIOS: Ver 1.00PARTTBL0
    Processor: Intel(R) Core(TM) Duo CPU T2450 @ 2.00GHz (2 CPUs), ~2.0GHz
    Memory: 1024MB RAM
    Available OS Memory: 1014MB RAM
    Page File: 1665MB used, 1088MB available
    Windows Dir: C:\Windows
    DirectX Version: DirectX 11
    DX Setup Parameters: Not found
    User DPI Setting: Using System DPI
    System DPI Setting: 96 DPI (100 percent)
    DWM DPI Scaling: Disabled
    DxDiag Version: 6.01.7600.16385 32bit Unicode

    terima kasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara Menambah Memory laptop TOSHIBA A200 adalah dengan upgrade ram baru karena ada 2 slot dan maksimal bisa diinstal 4 GB DDR2 667 MHz. jadi masing2 slot support 2 GB.

      jika ingin bertanya silahkan tulis MERK dan TIPE laptop saja lebih ringkas. seperti TOSHIBA A200. terima kasih sudah mampir

      Hapus
    2. makasih mas udah dijawab...maaf maklum saya ga ngerti leptop

      Hapus
    3. ya sama-sama, terima kasih juga sudah mapir di artikel cara upgrade memory laptop

      Hapus
  44. Min, Laptop saya HP 14-g102AU ram 2GBytes DDR3. max nya berapa? dan ada berapa slot?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa upgrade ram 2gb, 4 gb atau 8 gb di laptop HP 14-g102AU karena max memory 8gb 1600 MHz DDR3L dengan 1 slot saja.

      Hapus
    2. terima kasih banyak atas infonya.

      Hapus
    3. ya sama2 terima kasih juga sudah mampir di artikel cara ganti memori pada laptop.

      Hapus
  45. Om saya punya laptop acer aspire E1-431 bisa di upgrade ramnya enggak?maks berapa gb?jenis ramnya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara tambah ram laptop ACER ASPIRE e1-431 dengan menambah memori baru 2gb atau 4gb karena tersedia 2 slot untuk upgrade memory DDR3 PC-12800 dan max sampai 8 GB.

      Hapus
  46. gan laptop ane asus x450ea bisa upgrade ram gk,terus maks upgrade ram nya berpa gb,noohon dijawab
    makasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. di asus.com, manual x450ea menggunakan x452. laptop ASUS X452EA bisa upgrade ram DDR3L 1600 MHz sampai 6GB atau nambah memory 4GB karena hanya ada 1 sockets.

      Hapus
  47. Mas laptop saya Lenovo G40
    CPU
    AMD K16 45 °C
    Mullins Technology
    RAM
    4,00GB Single-Channel DDR3 @ 798MHz (11-11-12-28)
    Motherboard
    LENOVO Lancer 4B2 (Socket FT3b)
    Graphics
    Generic PnP Monitor (1366x768@60Hz)
    512MB ATI AMD Radeon R4 Graphics (Lenovo) 44 °C
    2048MB ATI AMD Radeon R5 M230 (Lenovo)
    CrossFire Disabled
    Storage
    465GB Western Digital WDC WD50 00LPCX-24C6HT0 SATA Disk Device (SATA) 37 °C
    Optical Drives
    HUAWEI Mass Storage USB Device
    HL-DT-ST DVDRAM GUC0N SATA CdRom Device
    Audio
    AMD High Definition Audio Device
    Bisa nambah RAM gak mas?mau nambah jadi 8GB,Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang ditanya, cara ganti ram laptop LENOVO G40 berapa? adapun type G40-45 sudah dijawab pada pertanyaan sebelumnya.

      jika bertanya, silahkan tulis MERK dan TYPE laptop saja agar ringkas. seperti LENOVO G40-45. terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  48. Gan, notebook ane HP 14-af115AU bisa upgrade ram sampai berapa gb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, baik website hp maupun amd belum menyinggung maksimal memory di HP 14-af115AU namun amd mengatakan bisa upgrade ram DDR3L dengan single channel.

      Hapus
    2. Maaf gan ada berapa slot memori ya?, ane ga bisa bongkar soalnya

      Hapus
    3. terdapat 1 slot di laptop hp 14 af115au

      Hapus
  49. Bang, notebook ane Dell N4030 apakah bisa ditambah RAM ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara menambah memori laptop DELL Inspiron 14 N4030 sudah dijawab dari pertanyaan Fachroel diatas.

      Hapus
  50. gan, salut bwt ente yang selalu setia menjawab pertanyaan kite kite, ane doakan biar ente lancar rejekinye ye?
    o iya gan, ane juga ada pertanyaan nih, lapto ane lenovo g485, slotnya cuma ada satu, ram bawaan 2gb, bisa g sih laptop ane diupgrade jd 8gb? haturnuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin atas doanya, cara menambah memori laptop LENOVO G485 dengan tambah ram PC3 12800 1600 MHz dan maximum memory 8GB di 2 Expansion Slots / Banks. namun ada juga yg single channel.

      Hapus
    2. ya terima kasih juga sudah mampir di artikel cara upgrade memory laptop.

      Hapus
  51. Gan Cara Uprage Spek 1,00 Menjadi 3,4 Bisa Gak Gan Gimana Caranya? Terimakasih

    BalasHapus
  52. Gan misi numpang tanya apakah bisa lepi ane tambah ram 2gb +4gb ,di spec nya tertulis singel chanel ,ine merek nya hp 14-g102au

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertanyaan cara upgrade ram pada laptop hewlett packard hp 14-g102au sudah dijawab pada pertanyaan Egi Omansyah sebelumnya. silahkan dibaca kembali.

      Hapus
    2. Gini gan ane masih bingung ,itu kan singel chanel up ram nya itu bisa begini
      2gb +4gb (2gb ram bawaan +4gb ram baru beli )apakah bisa kan slotnya cuman 1 ,makasih

      Hapus
    3. itu rencana atau sudah terpasang di laptop ?

      Hapus
    4. Belom kepasang masih bingung ini ane udah beli 4gb ram tapi ane gatau gan ini laptop bisa gak 2gb +4gb ,mohon pencerahannya

      Hapus
    5. tidak bisa, karena hanya 1 slot. jadi yang dipasang ram 4 GB saja.

      Hapus
    6. oh gitu,makasih gan jadi ngerti ,,thanks

      Hapus
    7. ya terima kasih juga sudah mampir. jika ram sudah dipasang di laptop, bisa berbagi gambar untuk membantu yang lain.

      Hapus
  53. Gan Tipe Laptop Ane HP 520
    Karena ada 2 slot bisa ga di upgrade Tiap slot 2GB , jadi total 4 GB ram. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisakah menambah ram pada Notebook HP 520 jadi 4 GB ? maaf tidak bisa karena Maximum Memory 2 GB PC2 5300 DDR2 di 2 sockets. jadi 1 slot maksimal 1 GB.

      Hapus
  54. misi mas, laptop saya acer one z1402 katany si bs upgrade ram maks 8gb,
    yg sy tnykan, jenis ramny apa, apakah pc 12800 dan pc3 12800 itu bentukny sama, apa bs dipasang,
    trs cara buka kasingny gmn mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar Maximum Memory Supported 8GB DDR3L 1600 MHz pada laptop ACER ONE 14 z1402. ya sama, dikatakan beda jika pc 12800 dan 10600. untuk buka casing silahkan cari di youtube.

      Hapus
  55. gan klo AsusX453m ram 2gb diupgrade 4gb bisa gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara upgrade ram notebook asus X453ma sudah ditanyakan oleh Febrian Rendra. silahkan dibaca kembali terima kasih

      Hapus
  56. Gan, apakah laptop Asus K43E dapat upgrade ram? Kalau bisa, bisa di upgrade sampai brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara upgrade memory notebook asus k43e dengan tambah ram sampai 8gb DDR3 1333 MHz di 2 slot. jadi tiap slot maximum memory 4gb.

      Hapus
    2. gan menyambung Asus K43E, apakah benar dengan Processor Intel(R) Core(TM) i3-2310M CPU @ 2.10Hgz (4CPUs), ~2.1Ghz apabila di tambah ram menjadi 6-8gb percuma karna hanya bisa ngeload ram 3-4gb jadi hanya bisa ditambah sampai 4gb aja? atau bisa? ditunggu jawabannya,terimakasih

      Hapus
    3. pengalaman cara memasang ram laptop asus k43e 8GB jadi 4GB belum pernah. namun biasanya installed memory (usable) lebih kecil (sampai 40%) karena OS windows 32 bit (limit maks 4gb) atau terpakai oleh VGA onboard.

      Hapus
    4. berarti dengan keadaan processor tersebut apabila ditambah menjadi 8gb juga bisa dan tetep kebaca ram nya sampe 8gb?

      Hapus
  57. gan, laptop ane lenovo g40-45 63 ID amd A8 ram 4 gb. itu ada berapa slot ram? terus bisa upgrade ram sampai brp? klo pembahasan di atas itu amd a6, ada beda g? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, cara upgrade ram laptop 2gb menjadi 4gb atau
      4 GB jadi 8GB ok di notebook LENOVO G40-45.

      Hapus
  58. laptop ane asus x550z AMD a10-7400p ram 4 gb bisa di upgrade ampe brp ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisakah menambah ram laptop asus ? notebook x550ze bisa upgrade memori sampai 16gb DDR3L 1600 MHz di 2 sockets. jadi Maximum Memory Per Slot 8gb.

      Hapus
  59. gan buat laptop LENOVO G40-30 dengan 2GB RAM bawaan, kalo mau upgrade ram jadi 4GB ganti atau tambah gan? makasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. upgrade memori pada lenovo g40-30 dengan mengganti ram karena ada 1 slot. terima kasih sudah mampir di artikel cara pasang memory laptop

      Hapus
  60. Gan laptop saya kan asus x453m kenapa di cek slot nya lewat aplikasi ada 2 tapi di bongkar cuman ada 1 slot gimana itu gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertanyaan serupa sudah ditanyakan Febrian Rendra tanggal 14 Desember 2015. ya, ASUS X453ma punya 1 slot saja dengan maximum memory 8GB DDR3L. terima kasih sudah berkunjung di artikel cara melepas memory laptop

      Hapus
  61. Gan laptop ane ACER E5-551 ada 2 slot ram 2gb, jadi ram bawaannya ada 4 gb~
    Kalo yng slot satunya gw ganti 4gb bisa ga ? Ntar jadi 6gb kan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya 6 GB namun perlu diperhatikan type dan speed ram nya yaitu DDR3L 1600Mhz. terima kasih sudah mampir di artikel cara melihat memory laptop

      Hapus
  62. mas, saya mau tanya, kalau laptop Asus X550DP processor AMD A10 kan ada 2 slot, slot pertama sudah ada ram 4gb, kalau saya isi slot yg kedua dengan ram 8gb bisa tidak? jadi 12gb

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa upgrade ram jadi 12 GB di notebook ASUS x550dp karena maxmimum memory 16 gb DDR3L 1600 MHz di 2 slot.

      Hapus
    2. ya sama2, terima kasih juga sudah mampir di artikel cara ganti memory notebook

      Hapus
  63. Laptop ane sony vaio SVE14122CVW E1 processor intel core i3-3110M CPU 2,40GHz.. itu bs nambah ram ato ganti gan?? Thx!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara menambah memory notebook sony VAIO SVE14122CVW dengan tambah ram DDR3 PC3-12800 1600MHz dan ada 2 slots yang dapat menampung maximum memory 8 gb.

      Hapus
  64. Laptop saya Sony vaio svf142c1ww processor intel core i3
    Bisa nambah ram juga ga? Terima kasih atas jwbannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara tambah memory laptop SONY Vaio SVF142C1WW dengan menambah ram DDR3 2 atau 4 gb karena ada 2 slot.

      Hapus
  65. gan mau tanya ni laptop ane asus a450cc single channel ram nya 2gb kalo mau digedein bisa ga? rada lag gitu sih thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara menambah memory notebook ASUS A450CC dengan tambah ram DDR3 1600 MHz 2gb atau 4gb karena maximum memory 8gb. hanya terdapat 1 slot + onboard memory.

      Hapus
  66. Gan mau tanya. Laptop saya TOSHIBA SATELITE C800. ram bawaannya cuma 2GB. Saya pengen upgrade jadi 4GB. Kira-kira saya harus beli ram yang 2GB atau 4GB? Saya masih ga ngerti tentang tambah ram atau ganti ram. Atau memang kita bisa pake 2 ram?? Makasih sebelumnya gan. Mohon di bales secepatnya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara mengganti memory notebook toshiba c800 dengan tambah memori 2gb atau 4gb DDR3 PC-10600 karena ada 2 slot. laptop toshiba c 800 dapat di upgrade ram nya sampai 8gb di masing2 slot 4 gb.

      Hapus
    2. Jadi kalo saya mau tambah ram jadi 4 gb cuma harus nambah 2 gb lagi aja ya?? Laptop saya tuh lemot banget gan. Kira2 ada hubungannya sama ram ga sih? Atau masalah hardisk nya?

      Hapus
    3. ya tambah 2gb lagi. ada yang pengalaman serupa, startup windows saja sampai 1 jam dan ketika dibawa ke service, diganti hardisk nya karena bermasalah. googling...

      Hapus
    4. Oh gitu.. Makasih banyak banget ya gan. Ini blog recomended banget. Adminnya baik hati mau answer all that question :). Sukses terus ya gan blognya. Di tunggu postingan yang lebih berpengetahuan lagi..

      Hapus
    5. terima kasih juga sudah mampir

      Hapus
  67. Gan mau nanya, laptop ane hp 14-r017tx itu bisa nambah ram apa diganti baru kalo mau upgrade?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tips upgrade ram notebook HP 14-R017TX dengan menambah 2 atau 4 gb 1600 MHz DDR3L. laptop ini bisa ditambah memory sampai 16gb dengan pasang 8gb tiap slot.

      Hapus
    2. nice info, gan. laptop ane sama spt ini. kira2 tempat recommended utk upgrade ram ini dmn ya?

      Hapus
    3. terima kasih sudah mampir. ganti ram sendiri saja kecuali masih garansi, serahkan ke service center biar ga hangus warranty nya.

      Hapus
  68. Laptop saya Toshiba C600 awalnya ram 1 Gb ...bisa gak di ganti 4 Gb ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tips upgrade ram laptop TOSHIBA c600 dengan tambah 1gb atau 2gb DDR3 1066 MHz PC3-8500. notebook ini bisa ditambah memory sampai 8gb dengan pasang 4gb di 2 slot.

      Hapus
  69. Gan minta solusi donk.. asus a455lj ram 2 gb bsa di up ga?? Mau tambah yg 6 jd total 8gb.. ktanya ram harus sama klo 2 brrti tmbah yg 2 jga. Nah sya yg 2 udh bwaan on board dan mau tmbah 6 kira" stabil ga ya.. dengan catatan type, kecepatan atau apalah itu harus sama.. mohon pencerahan saya nubi bgt..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara upgrade memory ASUS A455LJ dengan tambah ram 2, 4 atau 8 gb DDR3L 1600 MHz karena maximum memory 8GB di 1 slot yang tersisa.

      Hapus
  70. gan, saya ada laptop sony vaio sve14131cvw intel pentium 2020M, ram ddr3 2 GB win 8 64 bit,Bisa nggak kalau ram nya diganti dengan 4 GB punya laptop acer yang nggak terpakai lagi ? mohon pencerahannya.TQ.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara tambah memory notebook SONY VAIO SVE14131CV dengan menambah ram 2 atau 4gb DDR3 PC3-12800 karena maximum memory 8GB di 2 slot. ram yang akan ditambahkan harus sama type dan speed nya yaitu DDR3 PC3-12800 (1600 MHz).

      Hapus
  71. Gan laptop saya Acer Aspire One E1-471 ramnya bisa gak di tambahin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara upgrade memory notebook ACER E1-471 dengan tambah ram 2 atau 4 gb DDR3 1333 MHz karena maksimal 8GB di 2 slot.

      Hapus
  72. Halo gan, kalau ASUS K45VD yang aslinya RAM 2Gb mau saya tambah ke 4Gb diupgrade saja atau harus beli baru? Kira-kira habis berapa ya gan? Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tips upgrade ram notebook asus k45vd dengan metambah 2 atau 4gb DDR3 PC 12800 di 2 slot dan maksimal bisa tambah memory sampai 8gb.

      Hapus
  73. Gan, saya punya laptop asus a450cc. Itu ada brapa slot ram ya? Lalu saya dapat ram ddr3 1gb copotan dr compact cq42. Apakah ram di asus itu bisa ditambah menjadi 3gb? Lalu klo dengan ram 3gb itu pembagian jalur bandrwith nya bagaimana ya gan? Apa nanti akan ada masalah yg muncul.

    BalasHapus
  74. Kalo notebook asus dengan spek: Prosesor Intel® Celeron™ N2815 Processor (1.86 GHz, Cache 1MB) Max : 2.13 GHz Memori 2GB DDR3 Harddisk 500GB HDD VGA Intel HD Graphics BISA GAK GAN? Kalo bisa, maksimalnya berapa?

    BalasHapus