Cara Melihat Spek Laptop

Cara Melihat Spek Laptop. pada kesempatan kali ini artikel yang akan dibahas adalah hal yang berkenaan dengan bagaimana cara mengetahui spec laptop. yang dimaksud spec disini adalah spesifikasi. jika melihat dari kamus besar bahasa indonesia (KKBI) salah satu arti kata spesifikasi perincian atau dapat dikatakan info secara rinci tentang dari hadrware yang ada pada laptop. sehingga kita jadi tahu bagaimana cara membaca spesifikasi laptop dengan mudah. namun sebelum itu akan dijelaskan sekilas tentang tutorial sebelumnya yaitu bagaimana cara mengurangi tingkat kecerahan yang ada pada laptop atau komputer windows baik 7 atau 8 dengan mudah tanpa menggunakan software tambahan lainnya. info lebih lengkap silahkan baca Cara Mengatur Brightness Laptop.

jika anda ingin membeli komputer atau laptop ada baiknya jika anda membuat rancangan sederhana terlebih dahulu. misalnya apa saja pekerjaan yang akan dilakukan dengan perangkat tersebut, komputer yang digunakan untuk proses edit video berbeda dengan yang untuk mengerjakan dokumen kantor. salah dalam memilih spec yang dibutuhkan akan berakibat menurunnya kinerja komputer atau terlalu canggih alat untuk mengerjakan perkerjaah mudah dan biasa. selain itu berapa uang yang disiapkan, hal ini penting semakin tinggi spesifikasi laptop maka semakin mahal juga harga yang dibayarkan. maka dari itu dibutuhkan Cara Melihat Spek Laptop dengan baik yang sesuai dengan kebutuhan kita. sistem operasi yang digunakan juga penting, apakah windows 7, 8, linux debian, ubuntu, apple atau lainnya. enaknya cara liat spec laptop asus, hp, lenovo, acer, toshiba, compaq, dell sama saja caranya karena bergantung sistem operasinya.

terlebih lagi jika anda ingin membeli komputer untuk bermain game, Cara Melihat Spek Laptop sebelum membeli wajib dilakukan karena umumnya laptop gaming membutuhkan hardware dengan kualitas tinggi jika tidak maka akan sering terjadi lag dan lemot. dan mohon maaf kali ini tidak sedang membahas tentang spek laptop gaming murah, asus terbaru atau terbaik, best buy, reviews, brands, comparison, wiki, harga, pengetian, walmart, black friday laptop deal. atau spec laptop tipe tertentu seperti hp 1000, asus x453a, lenovo 940-45, a445L, razer, case, high or highest, mil, best spec laptop. namun yang akan dibahas saat ini adalah Cara Melihat Spek Laptop windows 7 atau 8 yang akan berguna untuk menentukan upgrade komponen atau hardware sesuai dengan kebutuhan kerja kita.

paling tidak ada beberapa Cara Melihat Spek Laptop baik dengan menggunakan software atau tanpa software tambahan alias dengan menggunakan tools yang disedikan oleh windows 7 atau 8 sendiri. jika anda awam dengan dunia komputer tapi ingin upgrade laptop anda, tips cara membaca spek laptop kali dapat anda jadikan rujukan untuk menambah komponen spek laptop yang bagus. anda tidak perlu untuk membongkar untuk check spec laptop karena akan menghabiskan waktu, anda dapat buka explorer dan klik kanan Computer kemudian klik properties. maka akan ditemukan info prcessor dan sistem operasi yang ada di komputer. info lebih lengkap dapat dilakukan dengan pencet tombol windows + R di keyboard dan ketik dxdiag maka akan tersedia info processor, VGA, Audio, OS, RAM, BIOS dll. jika anda ingin spesifikasi laptop yang lebih rinci silahkan pakai CPUZ.

Cara Melihat Spek Laptop dengan menggunakan software gratis dan ringan CPU-Z, banyak informasi yang tersedia yaitu specification CPU, core, clock and cache. anda dapat baca spek laptop yang berkaitan dengan Central Processing Unit komputer secara detail pada tab CPU. pada tab mainboard ditemukan spec dari motherboard anda mulai dari prabrik pembuat, model, chipset, BIOS dan juga tipe slot dari grapics interface. jika anda ingin tahu lengkap dari RAM maka klik tab memory maka tersedia info type, size, channel dan timing memori. akan terlihat disini menggunakan 2 slot atau 1 dan data rinci RAM pada tiap slot terlihat pada tab SPD. pada tab Graphics ada keterangan tentang VGA laptop mengenai merek, nama pabrik, clocks dan memory. mudah bukan cara cek spek laptop windows 7 atau 8 ?
cpu z
spek processor pada Cpuz

Cara Melihat Spek Laptop

sebenarnya banyak software yang gratis dan ringan untuk mencoba mengetahui spesifikasi laptop windows 7 atau 8 diantaranya CPUZ, GPUZ, HWinfo, speccy, directx diagnostic tools atau software lainnya. semua tersedia freeware yang dapat anda download di website masing-masing namun jika tidak ingin repot disediakan link unduh CPUZ dan Speccy diakhir artikel.

Cara Cek Spek Laptop Windows 7
jika anda pengguna windows 8 dapat melihat tutorial dibawah ini karena trik cara melihat spec laptop nya windows 7 kurang lebih sama dengan 8. langsung saja, tekan tombol windows + R secara bersamaan pada keyboard dan ketik dxdiag. maka muncul directx diasnostic tools yang berisi info spesifikasi system secara umum, display, sound dan input. tertera juga informasi berapa bit sistem operasi yang anda pakai, BIOS, processor, memory, directx, besar ukuran VGA, audio dll.
klik tombol Windows + R
ketik dxdiag
dxdiag
info umum sistem pada dxdiag
dxdiag
info vga pada dxdiag
dxdiag
info sound pada dxdiag
cara mengecek spek laptop lainnya dapat anda lakukan dengan klik kanan Computer pada jendela explorer pada windows 7. jika anda pengguna windows 8 maka klik kanan Thin PC kemudian klik Manage. setelah itu pilih Device Manager. maka ditemukan informasi spesifikasi yang lebih lengkap dari sebelumnya.
klik kanan Computer
device manager
klik Device manager
Cara Mengeahui Spec Laptop dengan CPUZ
seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, banyak informasi tentang spesifikasi komputer yang didapatkan dengan software gratis ini. software sejenis yang dapat dijadikan pembanding yaitu GPUZ, HWinfo, speccy dll. semua software tersebut dapat dijalankan pada spec laptop asus, hp, lenovo, acer, toshiba, compaq, dell dll.
cpu z
spek mainboard pada Cpuz
cpu z
spek memory pada Cpuz
spek rinci RAM pada Cpuz
spek VGA pada Cpuz
demikian artikel Cara Melihat Spek Laptop dan baca juga Cara Mudah Mengatasi Komputer Lambat. semoga sukses.

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Cara Melihat Spek Laptop"

  1. ternyata disini lebih cepat lagi gan. thanks tutorialnya.

    BalasHapus
  2. thank you gan infonya :) cara mengetahui berapa maksimal ram yang bisa dibaca sama prosesor kita gimana ya gan????
    laptop saya prosessornya intel core I3 380M
    tq :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. paling mudah dengan melihat spek laptop
      di website vendor atau lainnya sesuai dengan
      tipe nya. terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  3. mantap. benar-benar artikel yang memukau dan memberikan solusi, awalnya saya juga sempat bingung cara melihat spek komputer saya.

    BalasHapus
  4. Selain spek, ternyata juga bisa mengetahui sisa Ram computer kita Gan. thanks infonya

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. terima kasih sudah mampir di artikel cara melihat spesifikasi laptop

      Hapus